Home Observasi Studi Tour Observasi Studi Tour ke SLB PembinaTk. Nasional Malang

Observasi Studi Tour ke SLB PembinaTk. Nasional Malang

255
0
SHARE

Mahasiswa dan Dosen Program Studi Psikologi Islam Fakultas Dakwah Institut Agama Islam Tribakti (IAIT) Kediri melakukan Observasi Studi Tour (OST) ke SLB Pembina Tk. Nasional Malang tepatnya pada hari Selasa 22 Maret 2016.

Lokasi yang dikunjungi sengaja memilih SLB Tuna Grahita tepatnya Jl. Dr. Cipto VIII / 32 Lawang-Malang. Di sekolah luar biasa (SLB) ini memang memiliki fasilitas sarana dan prasarana pembelajaran cukup memadai. Ada bengkel ITC, bengkel Kriya Kayu, bengkel Kriya Keramik, bengkel music, bengkel otomotif, bengkel tata boga, tata busana dan tata rias. Selain itu tenaga pendidik atau guru juga memiliki kualifikasi dan kompetensi yang cukup memadai. Kondisi fisik SLB pun seperti lahan cukup luas, lingkungan yang nyaman, aman, dan kondusif.

Kegiatan ini dimaksudkan dapat memberi pengalaman, pemahaman dan pengetahuan bagi mahasiswa tentang kondisi nyata pada anak-anak berkebutuhan khusus dalam belajar di sekolah luar biasa (SLB) dengan fasilitas sarana dan prasarana yang ada, selain itu bisa membangun komunikasi baik secara personal maupun sosial. Ujar Jauhar Fuad selaku Wakil Dekan I

Kegiatan diawali sambutan penerimaan oleh Yuni Astuti Kepala Sekolah SLB dan Ahsan Ramadlon selaku wakil manajemen dengan memaparkan profil singkat lembaga tersebut. Sedangkan sambutan dari kampus diwakili oleh Bustomi Mustofa Dekan Fakultas Dakwah tentang maksud dan tujuan kegiatan observasi ini yang melibatkan sebanyak 50 mahasiswa prodi Psikologi Islam dan 8 dosen dan diakhiri dengan penyerahan cinderamata.

Setelah acara sambutan berakhir, selanjutnya mahasiswa dibagi menjadi 3 kelompok bersama dosen diajak berkeliling untuk melakukan observasi, wawancara dan membeli beberapa karya hasil siswa siswi SLB yang ada di beberapa bengkel-bengkel. Seperti minuman sari apel yang ada di bengkel tata boga, vas bunga dan assesoris kantor dari kayu di bengkel kriya kayu, hasil kerajinan tangan dan pakaian di bengkel tata busana dan lain-lain. (Ost)

Dokumentasi Foto Kegiatan

     
       
       
       
       
       
       
       

Dokumentasi Video Kegiatan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here