Home Observasi Studi Tour Ghatering FORKOMAPSI (Forum Komunikasi Mahasiswa Psikologi) Se-Jatim dan Bali

Ghatering FORKOMAPSI (Forum Komunikasi Mahasiswa Psikologi) Se-Jatim dan Bali

245
0
SHARE

Acara Gathering FORKOMAPSI (Forum Komunikasi Mahasiswa Psikologi) diselenggarakan pada hari Sabtu tepatnya pada tanggal 23-24 Nopember 2013 di lokasi wisata Cuban Rondo Batu Malang. Acara tersebut dihadiri beberapa mahasiswa dari berbagai kampus se wilayah Jatim dan Bali.

Acara diawali dengan upacara pembukaan pada pukul 14.30-15.00 WIB, setelah istirahat sejenak kemudian dilanjutkan sesi perkenalan mahasiswa antar kampus yang hadir pada acara tersebut. Untuk peserta yang hadir kurang lebih 80 mahasiswa dari berbagai kampus fakultas/ jurusan psikologi dan sesi perkenalan berakhir sekitar pukul 16.30 WIB.

Setelah Ishoma waktu maghrib dan isya’ tepatnya pukul 19.30 WIB acara dimulai lagi yaitu iunegurasi mahasiswa antar kampus, pada sesi ini perwakilan mahasiswa dari perguruan tinggi masing-masing memperkenalkan diri, kampus dan keadaan perkuliahan psikologi di kampusnya. Dari sini kelihatan bahwa tema acara forkomapsi Part 3 “Bersatu untuk tujuan yang sama meski jalan berbeda ” masing-masing mahasiswa dari Perguruan Tinggi menyampaikan keadaan mahasiswa, kampus, konsentrasi dalam psikologi apa dan yang lainnya. Juga disampaikan pula info-info terkait yang ada kampusnya, kegiatan-kegiatan yang ada serta yang akan diselenggarakan pada masing-masing kampus tersebut.

Terlihat para peserta semangatnya luar biasa meskipun dengan keadaan mlongo (penasaran) dan kedinginan,  pada saat acara iunegurasi tersebut ternyata masih banyak tugas mata kuliah, jurusan yang belum diketahui oleh para mahasiswa masing-masing kampus dikarenakan perbedaan kefokusan atau lebih mengarah kemana psikologi yang pada kampusnya di pelajari.

Kesempatan pertama disampaikan oleh perwakilan mahasiswa dari UHT (Universitas Hang Tuah) Malang, mereka mengatakan bahwa psikologi yang dipelajari adalah psikologi tentang kelautan, yang mana dipelajari guna untuk menata serta memperindah sesuai aturan yang berlaku di negara Indonesia tentang kelautan dan masyarakat pesisir dalam kebersihan keadaan alam sekitar. Tak hanya itu mereka mengatakan bahwa inti psikologi yang dipelajari mengarah pada posisi sebagai TNI baik AD (Angkatan Darat) maupun AL (Angkatan Laut). Sambil presentasi kronologi kampus, mereka menginformasikan kepada sahabat-sahabat Forkommapsi bahwa pada tanggal 19 Desember kampus UHT menyelenggarakan Dies Natalis, mereka berharap sahabat-sahabat Forkommapsi bisa hadir pada acara tersebut.

Berikutnya dari perwakilan dari UMG (Universitas Muhammadiyyah Gresik) yang diwakili oleh mas Aji, Mas Aji mengatakan kondisi mahasiswa psikologi di kampusnya, beliau mengatakan al-hamdulillah mahasiswa semakin bertambah dari tahun ke tahun dan sekarang MaBa fakultas psikologi mencapai 500an, di kampus beliau sangat sederhana sekali kegiatan-kegiatanya… tapi mahasiswa psikologinya luar biasa hebat-hebat dan kreatifitasnya tinggi.. di kampusnya ada UKM, Teater Psikologi, Forum MAPSI, dll. Motto Mahasiswa psikologi “biarpun anda bilang bahwa anda hebat, tapi bagi kami kamilah yang terbaik” Ujar mas aji yang berbadan besar hehehe…

Dilanjutkan perwakilan dari UIN MALIKI Malang, mereka mengatakan Al-hamdulillah psikologi dikampus sangat maju dan fasilitasnya juga mewadahi… dikampus UIN Maliki banyak kegiatan-kegiatan diskusi keilmuan psikologi diantaranya Forum NGOPI (Ngobrol Psikologi). Di kampus juga ada komunitas jasa outbond buat teman-teman psikologi dan juga game-game psikologi. Mereka mengatakab diantara teman-teman ada yang membutuhkan, kami siap melayani dengan senang hati.. khusus mahasiswa psikologi ada subsidi murah hehehe…

Untuk info dari UIN MALIKI, buat sahabat-sahabat Forkommapsi bahwa tanggal 07 Desember 2013 kampus UIN Maliki Fakultas Psikologi mengadakan seminar Psikologi Olahraga yang dihadiri langsung oleh Irfan Gunawan pemain Timnas Garuda Indonesia. Khusus delegasi dua orang dari masing-masing kampus gratis untuk biaya registrasi, sedangkan untuk umum 100rb, mahasiswa 50rb, karena bertepatan dengan kampus UIN Maliki khususnya fakultas psikologi ulang tahun, dan mereka berharap teman-teman Forkommapsi untuk ikut menyaksikan gebyar pesta pentas seni dari mahasiswa psikologi di waktu malamnya.. “Gratis..” hehehe serius kata mereka. Mereka juga menawarkan jika ingin buku psikologi khususnya temen forkommapsi yang ikut pada Gathering part 3 nanti boleh minta buku di kantor Bem dengan Cuma-Cuma tanpa bayar…

Dari UNDAR sekaligus panitia penyelenggara disampaikan oleh President Psikologinya yaitu mbak Envil Antika sari. Dia mengatakan Al-hamdulillah… saya mengucapkan terimakasih buat teman-teman semua telah meluangkan waktunya untuk rela menghadiri acara Fathering Forkommapsi kali ini, kami mewakili panitia mohon maaf sebesar-besarnya apabila ada salah dan kekurangan dari kami.

Beliau mohon dukungan dari teman-teman semua semoga kampus UNDAR khususnya Fakultas Psikologi agar lebih maju dari kemaren-kemaren… soalnya kemaren-kemaren fakultas psikologi di kampus beliau sempet la yamutu wala yahya dalam artian rada-rada sepi tanpa struktural dalam kepengurusan, tiada BEM ataupun pengurus-pengurus lain. Dan Al-hamdulillah di tahun 2013 sudah ada gagasan untuk lebih dimajukan, saat ini sudah terbentuk kepengurusan BEM… mahasiswa psikologi di kampus beliau juga unik-unik kata beliau, ada yang tua, yang singgle, yang bencong ada maaf za hehe… yang jomblo ada pokoknya semua ada disini deh…
Dikampus UNDAR juga banyak kegiatan-kegiatan keilmuan psikologi, forum-forum diskusi psikologi seperti Jampsi, Himapsi, Warkopsi dll.

Kemudian dari STAIN Kediri,perwakilan mereka sangat berwibawa dan menggoda dalam presentasi dari mahasiswa Psikologi Islam, saudara Ma’ruf mengatakan bahwa Al-hamdulillah walau STAIN Psikologinya baru kemaren tapi mahasiswanya selalu meningkat terus di tahun-tahun berikutnya… dan perlu di ketahui bahwa di STAIN usia yang baru kemaren tapi sudah dapat nilai akreditasi “B” whooooo.

Giliran delegasi dari Institut Agama Islam Tribakti (IAIT) yang disampaikan oleh Kang Iwan (nama aktifisnya Hehe…), ia menyampaikan sedikit perkenalan dan keadaan psikologi di kampusnya… ia menyampaikan bahwa tadi dikatakan bahwa STAIN kediri walau usianya baru dan terakreditasi B,  bagi kami itu hal yang sewajarnya… Assalamu’alaikum Wr Wb. (kata kang. Iwan untuk memulai aksi bicaranya), dan perlu sahabat-sahabat Forkommapsi ketahui… tentang kedaan Psikologi di kampus kami IAIT tercinta cyeeee….. bahwasanya Psikologi Islam di kampus swasta yang pertama kali ada di Indonesia dan se-indonesia itu adalah di kampus kami yaitu IAIT kediri hehehe…. dan Alhamdulillah sudah terakreditasi  juga….

Kegiatan-kegiatan temen-temen kami diantaranya ada yang mengisi di kerohanian di LP Kota Kediri, di Panti Sosial Kota kediri dan bahkan ada yang terjun ngisi pengajian di tempat perumahan Lokalisasi kota kediri… memang konsentrasinya pada masalah psikologi sosial.  sebenarya mata kuliah Psikologi yang diajarkan sama dengan di kampus-kampus lainnya, tetapi di IAIT Kediri kebanyakan input mahasiswa banyak yang dari pesantren dan dibawa naungan Fakultas Dakwah jadi ya kami memanfaatkan Psikologinya untuk berdakwah biar mengena gitu hehehe… sebenarnya inti psikologi menurut saya pribadi dimana arti psikologi sendiri adalah Ilmu jiwa, nah dari definisi tersebut karena yang kita pelajari adalah sosok jiwa maka sudah jelaslah kita harus tahu dan pandai-pandai bagaimana kita menangani konselor/klien atau audien sekalipun dalam berdakwah atau berkomunikasi dan interaksi.. Salam forkommapsi….. kata kang Iwan

Setelah usai iunegurasi, dilanjutkan upacara api unggun dan pentas seni perwakilan masing-masing perguruan Tinggi. Setelah pentas seni selesai, panitia mengumumkan untuk semua masing-masing peserta bersedia mewakili musyawarah/rapat pembahasan forkommapsi selanjutnya kedepan. Musyawarah dipimpin oleh senior Forkommapsi yaitu mahasiswa dari UIN MALIKI, dan hasil musyawarah sebagai berikut:
Forkommapsi  bertujuan:

  1. Memperat tali persaudaraan sesama mahasiswa psikologi tanpa membedakan status suku,budaya, ras, atau agama sekalipun.
  2. Sharring berbagi ilmu,pengalaman dan pengajaran/pembelajaran bersama
  3. Belajar bersama untuk kembali mengenal alam,mngenali jati diri dan mngabdikan diri bersama-sama
  4. Saling melengkapi dikala bersama dalam forum kebersamaan… Sederhana tapi mengenalTransparansi dan toleransi sesama sahabat mahasiswa
  5. Menjalin komunikasi tanpa batas
  6. Berbagi informasi baik seminar, workshop dll.

Menyatukan semua mahasiswa psikologi dalam satu tujuan walau jalan berbeda-beda.
Pada hari minggu acara game-game psikologi yang dikoordinir oleh sahabat team Mega Putih dari mahasiswa UIN MALIKI, outbond, flying fox dll. Sampai ketujuan Air terjun Coban rondo. (Kang Iwan).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here