Home Seminar dan Workshop Membangun Mental Juara Terapan Psikologi dalam Sepak bola

Membangun Mental Juara Terapan Psikologi dalam Sepak bola

274
0
SHARE

Fak. Dakwah Psi– Sabtu 7 Desember 2013 perwakilan mahasiswa Psikologi Islam dari Institut Agama Islam Tribakti (IAIT) Kediri mengikuti acara seminar psikologi di UIN-Maliki Malang dengan tema “Jawaban Psikologi dalam Ranah Sepak bola“. Keynote speaker: 1. Indra Sjafri (Head Coach TIMNAS U-19), 2. Guntur Cahyo Utomo (Mental Coach TIMNAS U-19), 3. Evan Dimas (Captain TIMNAS U-19).

Keberhasilan timnas U19 dalam turnamen piala AFF U19 dan lolos Piala Asia U19 tahun 2014 telah membuka perspektif baru terkait dengan peran ilmu psikologi dalam dunia olahraga, bidang ini merupakan hal yang sangat baru dan belum banyak terdengar di Indonesia. Namun, dengan pertumbuhan industri olahraga yang cukup pesat, cepat atau lambat kebutuhan akan aplikasi ilmu psikologi di olahraga pun hanya akan menunggu waktu.

Guntur Cahyo Utomo (lulusan Program Master psikologi UGM Jogja), selaku Mental Coach TimNas U-19 menuturkan; sepakbola bukan sekedar permainan fisik, sepak bola adalah semangat dan skill yang perlu dilatihkan layaknya berlatih fisik”. Mental coach ini merupakan salah satu pelatih mental lulusan Master psikologi yang mendesign segala aktivitas mental, semangat dan soft skills yang dibutuhkan TimNas U-19 hingga mampu memompa semangat juang tim merah putih dan mengantarkan juara piala AFC U-19 bulan lalu.

Mental Coach atau Psikolog?

Mental Coach pada hakikatnya adalah pelatih sepak bola dengan titik berat pada aspek mental. Sedangkan psikolog lebih cenderung untuk menjadi konsultan atau konselor yang hanya hadir ketika para pemain mengalami persoalan-persoalan psikologi.

Mental Training Program
1. Asesmen

Adalah pencarian data dan informasi yang menyeluruh berkaitan dengan aspek psikologis dan aspek teknis para pemain

2. Edukasi

Pemberian pengetahuan dasar tentang teknik-teknik dasar latihan mental. Seperti teknik latihan: Imagery, relaksasi, goalsetting dan self talk.

3. Intervensi

Proses melatih teknik-teknik dasar latihan mental tersebut pada para pemain.

Atau penangan persoalan-persoalan emosional bagi para pemain yang  tidak terkait secara langsung dengan permainan.

4. Evaluasi

Dilakukan secara bertahap dan dalam periode tertentu.

Seminar Psikologi Olahraga 2 hebat 3 Sempurna di UIN Malang

Malam Pentas Seni ” Culturnesia In Ouer Psychology

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here