Home Praktikum Praktik Simulasi yang Menarik dari Psikologi yang Asyik

Praktik Simulasi yang Menarik dari Psikologi yang Asyik

276
0
SHARE

Kediri- Pada tiga minggu terakhir bulan november di penghujung semester ganjil tahun ini, tepatnya setiap hari rabu ada yang berbeda di kelas Psikologi Islam Semester V Institut Agama Islam Tribakti (IAIT), mulai dari susunan tempat duduk, tata ruang kelas, bahkan pakaian yang dikenakan mahasiswa. Hal ini tak lain karena kami sedang menampilkan hasil materi pembelajaran satu semester mata kuliah Psikologi Industri dan Organisasi (PIO) yang diampu oleh Dosen Beti Malia Rahma Hidayati, M.Psi (biasa disapa Bu Beti) dengan Praktik Simulasi Produk dan Jasa, seperti produk dan jasa kesehatan, periklanan, serta pendidikan.

Psikologi Industri dan Organisasi (PIO) sendiri merupakan mata kuliah yang  baru kami ampu pada semseter V ini, banyak menerangkan bahwa psikologi tidak hanya berkenaan dengan papan tulis dan buku, namun  ia hadir menjelma diberbagai  aspek kehidupan dinamis manusia. Bahkan, dengan PIO kami mengenal dunia industri dan organisasi dari kaca mata psikologi. Memang, sebelum mata kuliah ini diampu, kami dan tak sedikit orang awam lainnya ketika mendengar nama “Psikologi” terbesit di hati bahwa ia hanyalah seni ilmu yang berkutat dengan jiwa, mental, dan teori-teori kepribadian. Tetapi seiring berlalunya mata kuliah PIO, kami menemukan dalam PIO bahwa Psikologi pun turut bersumbangsih pada dunia kerja profesional, bidang ekonomi & ergonomi pula secuil dalam tatanan perdata hukum ketenagakerjaan bidang sosial.

Indikator inilah yang kami dapatkan dari uraian paparan Bu Beti selama satu semester dan diakhir semester kami mendapat titah untuk mempraktikan hasil dari perkuliahan kami dengan menampilkan simulasi beberapa produk dan jasa.

Dalam Praktik Simulasi Produk dan Jasa, Mahasiswa dibagi menjadi 7 kelompok dengan tema bahasan masing-masing, ada yang mewacanai pendidikan dengan simulasi jasa sekolah dan produk buku, jula tema kesehatan dengan simulasi jasa olahraga dan produk sepeda serta diakhiri dengan simulasi sticar branding.

Praktik dibagi menjadi tiga minggu. Pada hari rabu pertama simulasi berlangsung sangat baik, tak tanggung-tanggung ada kelompok yang membawa sepeda ke dalam kelas sebagai produk yang ditawarkannya dan juga kelompok lain yang menyebarkan brosur menarik tentang gerai buku, ada yang menawarkan jasa tempat olahraga serta jasa pendidikan melalui lembaga sekolah.

“saya senang, kalian telah menjadikan saya berasa sedang menghadiri acara promosi sungguhan”. Tutur Bu Beti di akhir pertemuan itu. Di sela-sela penampilan, beliau juga menyertainya dengan komentar kritik konstruktif terhadap setiap kekurangan pada saat simulasi berlangsung.

Di hari rabu kedua, praktik simulasi berjalan lancar walaupun ada mahasiswa yang telat. Salah satu mahasiswi, Miftahul Khoiroh berkomentar “Ternyata, psikologi juga ada yang kayak gininya ya!!!” (sambil menunjuk layar proyeksi simulasi).

Di hari rabu terakhir, Mahasiswa masih terus bersemangat melakukan simulasi ada yang menawarkan rumah tinggal bagi pelanggan dan semua simulasi ditutup oleh penampilan terakhir dari kelompok yang menawarkan jasa advertising atau periklanan melalui sticar branding. Penampilan terakhir ini menjadikan keseluruhan Praktik Simulasi Semester V terasa Husnul Khotimah (kesudahan yang baik) dan menuai banyak decak kagum diiringi sorak sorai tepuk tangan audiens. “sempurna, keren, OMG bro” banyak keluar dari lisan audiens termasuk dosen.

Alhamdulillah, Praktik Simulasi Produk dan Jasa telah usai. Satu komentar dari Dosen dengan gaya khasnya yang akan selalu terkenang: “Sempurna…. kalian telah memperaktikan semua materi dengan baik bahkan materi yang belum saya ajarkan, sempurna. SAYA SUKA ITU!!!” tutur beliau dengan semangat.

Dengan senyum kami hanya bisa menunduk, terima kasih guru, terima kasih kawan, semoga bermanfaat. Allahu A’lam bisshowab (*KangRasun)

*Mahasiswa Semster V prodi Psikologi Islam Fakultas Dakwah Institut Agama Islam Tribakti-Kediri

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here