Home Kompetensi Lulusan

Kompetensi Lulusan

1. Dosen psikologi
Setiap lulusan psikologi dapat menjadi dosen di universitas negeri atau swasta, dengan syarat minimal memiliki gelar S2 psikologi (M.Psi.). Gaji dosen, umumnya dihitung berdasarkan lama waktu ajar dan jumlah kelas yang dilakukan.

2. Guru Bimbingan Konseling
Lulusan psikologi juga dapat memiliki karir sebagai guru Bimbingan Konseling (BK) di sekolah tingkat menengah atau atas. Jika ingin mengajar di sekolah negeri, maka kamu perlu lolos seleksi pegawai negeri sipil terlebih dahulu.
 
3. Konsultan karir
Menjadi konsultan karir adalah alternatif bagi lulusan jurusan psikologi. Sesuai namanya, seorang psikolog karir akan berhadapan dengan para pencari kerja atau kalangan professional. Konsultan karir diharapkan dapat membantu merencanakan dan memilihkan karir bagi klien.
 
4. Market researcher
Seorang market researcher atau peneliti pasar umumnya dipekerjakan di perusahaan atau lembaga independen. Deskripsi kerja dari market researcher adalah mengumpulkan, menganalisa data dari kondisi pasar atau perilaku konsumen.
 
5. Psikolog
Mungkin ini profesi yang paling banyak dilakukan oleh para lulusan psikologi. Walaupun umumnya, karir psikolog terbagi lagi sesuai konsentrasinya. Seorang psikologi bertugas untuk mengevaluasi, menganalisa perilaku dan mental manusia.
 
6. Psikoterapis
Seorang psikoterapis dapat dianalogikan sebagai dokter untuk kejiwaan. Namun, pasiennya tidak hanya seseorang yang dinilai sakit jiwa. Secara umum, manusia adalah mahluk sosial membutuhkan orang lain atau psikoterapis dalam menghadapi masalah sosial.

7. Recruiter / Talent Acquisition Specialist
Recruiter adalah bagian dari Human Resource Department (HRD) di perusahaan. Umumnya, recruiter adalah posisi kerja yang bisa diterima para lulusan S1 psikologi. Gaji seorang recruiter dengan pengalaman kerja 3–5 tahun, rata-rata adalah Rp8.000.000–Rp25.000.000 per bulan.
 
8. UX analyst
Jabatan UX analyst umumnya ada di perusahaan internet atau yang memiliki produk dalam bentuk software. UX analyst bertugas menganalisa perilaku konsumen saat menggunakan produk/layanan, lalu memanfaatkan hasil analisanya untuk memperbaiki produk/layanan perusahaan.